×
Pencarian

The 5th ITB Centennial International Conference on Energy and Sustainability

Posted on 02/11/2020

Masih dalam rangka perayaan 100 tahun Institut Teknologi Bandung sebagai Pendidikan Tinggi Teknik di Indonesia, dilaksanakan Konferensi Internasional yang ke 5. Kali ini ITB bekerja sama dengan USU dan Ikatan Alumni ITB daerah Sumatera Utara serta Dukungan dari Kementerian ESDM. Berbeda dari biasanya, Konferensi ini dilaksanakan dengan metoda online.

Pembicara pembicara luar biasa yang telah berbagi dengan materi yang dibawakan antara lain : Bioenergy dari Prof. Semida Silveita (Swedia), Energy Economics dari Dr. Oki Muraza (King Fahd University), Energy and Climate resilience dari Prof. Tatiana Filatova (The Netherlands), Prof. Prijono Sutikno (Head of Renewable Energy Center, ITB), Dr. IGBN Makertiharta (peneliti B-100, ITB), Dr, Danny Pudjianto (New Imperial College, London), Dr. Ahmad Perwira Tarigan (USU).

Selama 2 hari konferensi telah berlangsung diskusi-diskusi menarik seputar tema Utama : Energy, Covid 19 dan Perubahan Dunia”. Banyak issue dipelajari dari para pembicara utama, nara sumber utama dan pembicara-pembicara undangan yang telah membagikan hasil kerja mereka. Juga dari 53 paper dan lebih dari 400 partisipan. Semua kontributor datang dari berbagai latar belakang : pemerintahan, BUMN, akademisi, LSM dan mahasiswa dari berbagai negara yang berbagi perhatian dan minat yang sama di bidang energi.

Ada 8 tracks yang menyoroti issue energi di MICES 2020, yaitu : Conventional/Fossil Fuel Energy, New and Renewable Energy, SDGs and Environmental Challenges in Energy Sector, energy and Regional Development, Energy Economics, Energy and Security Defense, energy Education and Decentralized Energy Development. Sedangkan sumber energi yang dibahas dalam diskusi di sini meliputi batu bara, minyak, gas alam, angin, tenaga surya, ternaga air, bio, geothermal dan nuklir. Tidak ketinggalan teknologi baterai, baterai lithium untuk tujuan penyimpanan energi, juga termasuk dalam pembahasan.

Dalam konferensi ini juga dipilih 5 paper terbaik yang diumumkan melalui website https://100tahunitb-iaitbsumut.info/

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *