×
Pencarian

Beragam Karya Inovasi Hadir di Pameran Produk dan Poster Perancangan 2017

Posted on 8 December 2017
Beragam Karya Inovasi Hadir di Pameran Produk dan Poster Perancangan 2017

BANDUNG, LK – Puluhan produk inovatif dan unik dihadirkan dalam Pameran Produk dan Poster Perancangan 2017, yang digelar oleh Fakultas Teknik Mesin dan Dirgantara (FTMD) Institut Teknologi Bandung (ITB). dii Aula Barat Kampus ITB, Senin (4/12/2017). Puluhan produk dan poster rancangan tersebut merupakan hasil karya mahasiswa FTMD yang mengambil matakuliah khusus di semester genap dan ganjil.

Ketua Penyelenggara sekaligus Dosen FTMD Dr. I Wayan Suweca menuturkan, acara pameran ini dimaksudkan untuk memberikan pengalaman langsung pada mahasiswa dalam proses perancangan, mulai dari ide, latar belakang karya, hingga menjadi sebuah gambar. Pada semester genap, kata Wayan, mahasiswa didorong untuk membuat ide yang mereka miliki terwujud dalam sebuah gambar.Kemudian pada semester genap, gambar tersebut harus mereka wujudkan dalam bentuk fisik atau prototype.

“Dalam perancangan ide tersebut, mereka harus menemukan tantangan yang dibutuhkan masyarakat serta mengatasi kebutuhan itu dengan mewujudkannya secara fisik. Pameran ini juga diharapkan bisa mengintegrasikan apa yang mereka pelajari dengan learning outcome-nya,” jelasnya saat ditemui LK di Aula Barat ITB, Senin (4/12/2017).

Tak hanya memajang karya, dalam pameran ini pun mahasiswa dikompetisikan produknya. Wayan menyebutkan, ada sekitar 46 kelompok dengan 46 karya yang dilombakan, mulai dari karya yang berkaitan dengan isu lingkungan, komersial, transportasi, dan sebagainya. Untuk penilaian lomba, ada 8 kategori diantaranya originalitas, kualitas manufaktur prototipe, penyelesaian masalah, azas manfaat, kualitas desain dan analisis, marketing, prospek bisnis, serta keamanan dan lingkungan. Setiap produk akan dinilai oleh juri dari masing-masing kriteria, lalu dipilih karya yang sesuai dan pemenangnya akan diberikan hadiah berupa dana tabungan.

“Meski tujuan dari mata kuliah ini adalah memberikan pengalaman praktis pada mahasiswa terhadap materi yang dipelajarinya, tapi di sini juga kami ingin memberikan kesempatan pada mahasiswa untuk memamerkan karyanya, serta mempublikasikan karya mereka ke khalayak,” tandasnya.

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *